Masih bingung menentukan peminatan?
Komunikasi adalah sesuatu yang pasti terjadi di setiap kegiatan manusia. Setiap gerak manusia, dari diam sampai hiperaktif menimbulkan potensi komunikasi. Meski sudah sering dilakukan oleh manusia, komunikasi bukan lah hal yang sepatutnya diremehkan untuk dipelajari meskipun kita melakukannnya setiap hari. Lalu, seberapa pentingkah kita mempelajari ilmu komunikasi?
Demi kelangsungan kehidupan bermasyarakat yang berkesinambungan, masyarakat harus tahu bagaimana ilmu komunikasi berperan baik untuk itu. Komunikasi yang baik dapat menjadi penghubung antara tiap elemen yang terkandung dalam masyarakat. Dengan mempelajari model komunikasi, prinsip komunikasi, serta apa itu komunikasi, maka pelajar ilmu sosial yang memiliki peminat banyak ini akan tahu bagaimana komunikasi yang baik itu berjalan.
Selain itu, masyarakat membutuhkan informasi dari tiap arah. Media massa, public relation, dan pelaku manajemen komunikasi merupakan unsur yang dapat memenuhi kebutuhan tersebut. Media massa membantu masyarakat untuk tahu perkembangan yang terjadi di dunia. Public relation berperan sebagai pemberi informasi dari perusahaan yang bertujuan memenuhi kebutuhan masyarakat. Serta pelaku manajemen komunikasi, memberi informasi kepada masyarakat akan adanya produk yang juga dapat memenuhi kebutuhan.
Di Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Brawijaya, ada tiga peminatan yang mempelajari masing-masing unsur yang telah dipaparkan diatas. Peminatan tersebut membantu mahasiswa untuk memberikan tempat yang lebih spesifik dalam mempelajari ilmu komunikasi serta prospek dalam dunia kerja. Peminatannya antara lain manajemen komunikasi, public relations, dan kajian media.
MANAJEMEN KOMUNIKASI
Dalam peminatan ini mahasiswa mempelajari bagaimana komunikasi bekerja dalam dunia bisnis. Kita bisa melihat bagaimana menariknya iklan kacang kulit yang tayang di televisi dan bagaimana menariknya promosi sebuah provider telepon seluler untuk menarik konsumen mengkonsumsi produk yang dihasilkannya. Lulusan manajemen komunikasi berperan besar dalam hal ini.
PUBLIC RELATIONS
Public relations merupakan peminatan ilmu komunikasi yang ada di universitas yang berada di Kota Malang ini. Bidang inilah yang berperan besar dalam baiknya hubungan antara sebuah institusi atau perusahaan dengan masyaarakat. Pelaku public relations adalah sosok yang membuat citra sebuah perusahaan baik di mata masyarakat. Selain itu, pelaku bidang inilah yang berperan besar dalam baiknya hubungan antar perusahaan. Dalam peminatan ini, mahasiswa diajarkan mengenai bagaimana menjaga reputasi perusahaan atau organisasi, menjalin relasi internal atau eksternal, menangani krisis perusahaan atau organisasi, memanajemen perusahaan atau organisasi, dan lain sebagainya.
KAJIAN MEDIA
Dalam kajian media, mahasiswa yang mempelajari peminatan ini nantinya dapat berkecimpung di dunia media massa. Apa yang membuat RCTI begitu sukses menarik penonton yang banyak selain tayangannya? Apa yang membuat Kompas TV dan Net. TV terlihat beda dari stasiun televisi lokal lainnya? Lulusan peminatan ini lah yang memiliki peran besar akan hal itu.
Comments
Post a Comment